VISI KEILMUAN DAN TUJUAN PRODI

VISI KEILMUAN

Mengembangkan keilmuan pendidikan biologi melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat budaya dan potensi lokal serta nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan guna mendukung pembangunan bangsa dan berkontribusi dalam pemecahan masalah nasional maupun global.

 

TUJUAN

 

1. Menghasilkan calon dosen Pendidikan Biologi yang menguasai teori dan aplikasinya di bidang ilmu Pendidikan Biologi dan mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Biologi melalui riset, inovasi yang teruji, menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisiplin, mengakomodasi mengembangkan potensi/kearifan lokal, serta memiliki kemampuan menggunakan transformasi digital (ICT) untuk pembelajaran dan mengikuti perkembangan pendidikan biologi, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Inggris, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

2. Menghasilkan calon peneliti Pendidikan Biologi yang menguasai metodelogi penelitian pendidikan, memahami karakteristik objek dan persoalan Pendidikan Biologi, menguasai prinsip analisis dan pengembangan potensi/kearifan lokal sebagai sumber belajar biologi, menguasai ICT dan bahasa Internasional untuk mengikuti trend dan isu terkini Pendidikan Biologi, serta mempunyai kemampuan dalam mempublikasikan hasil penelitian di bidang Pendidikan Biologi dalam forum ilmiah dan jurnal Nasional dan Internasional.

3. Menghasilkan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Biologi yang memahami prinsip dasar kurikulum, karakteristik objek dan persoalan Pendidikan Biologi di sekolah dan perguruan tinggi, selalu mengikuti dinamika pendidikan di sekolah maupun pendidikan tinggi, memperhatikan budaya dan potensi lokal, kebutuhan kompetensi di dunia kerja.

4. Menghasilkan pengembangan Media dan pengembangan Bahasa Belajar Biologi yang mampu merancang dan memproduksi media dan bahan belajar berbasis ICT, baik untuk deep sources learning, media pembelajaran, maupun Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran biologi di sekolah maupun pada PSP Biologi.