Pembentukan Kekerabatan Mahasiswa/i PPs Pendidikan Biologi dalam Malam Keakraban

Menjadi bagian dari sebuah keluarga hendaknya harus ada rasa saling mengenal agar nantinya menjadi sebuah hubungan kekerabatan yang baik, untuk membangun hubungan tersebut mahasiswa/i baru prodi Pendidikan Biologi PPs UNY angkatan 2017/2018 mengadakan acara malam keakraban atau yang biasa dikenal MaKrab. Acara ini dilaksanakan selama dua hari di daerah Kaliurang, Sleman, DIY. Tujuan diadakan acara ini tidak lain adalah untuk mempererat tali  silaturahmi persaudaraan antar mahasiswa/i baru dari berbagai pulau dan negara sebagai bagian keluarga besar Pendidikan Biologi PPs UNY. Peserta sampai dilokasi pada jam 16:40 dan dilanjutkan dengan Shalat Isya Berjamaah bagi yang muslim/ah.

Acara yang dimulai pada jam 20:00 tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i angkatan 2017 mulai dari kelas A, B dan C yang berjumlah sekitar 50 peserta dan di hadiri juga oleh kakak tingkat/ senior angkatan 2016 untuk memberikan arahan terkait dengan perkuliahan di Prodi Pendidikan Biologi Pps UNY. Pembawa acara (MC) oleh Antony dan Popy, selanjutnya pada awal pembukaan acara dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia yaitu saudara Apryza kemudian Tilawah Al-Qur'an oleh saudara Lepi dan dilanjutkan dengan satu persatu masing-masing mahasiswa saling memperkenalkan diriMahasiswa/i baru angkatan 2017 begitu antusias selama mengikuti acara ini karena kakak tingkat yang sharing terkait perkuliahan dan info beasiswa yang bisa diperjuangkan oleh mahasiswa/i baru S2.

Setelah acara formal pembukaan selesai, maka dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan desain presmanan supaya Mahasiswa/i saling menyapa. 

Pada jam 23:00 seluruh peserta mengadakan Api unggun dan bakar-bakar jagung serta sosis. Suasana malam dikaki gunung merapi yang begitu dingin sehingga sangat cocok untuk membuat cemilan bakar-bakar jagung, sosis dan cemilan malam lainnya.

Esok harinya dilanjutkan dengan Sholat subuh berjamaah seluruh peserta yang muslim/ah. Kemudian sambil menunggu terbitnya matahari, acara dilanjutkan dengan persiapan seluruh peserta untuk joging/ maraton mengitari sekitaran daerah kaliurang yang suasananya begitu sejuk. Dalam acara yang digelar dua hari ini, selain sebagai ajang perkenalan juga diadakan game seru antar kelas. Seluruh peserta melakukan kegiatan bermain games Rangking 1, memasukkan Paku dalam botol bersama kelompok, lompat serempak sesama kelompok, dan memindahkan air dari ember/bascom menggunakan telapak tangan kedalam botol dengan tujuan untuk menguji pengetahuan, kekompakkan, konsentrasi, strategi, dan kecekatan. Keseruan terlihat dalam setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan. Setiap mahasiswa menikmati apa yang dilakukan, tertawa bersama, saling bertukar pendapat, nyanyi-nyanyi dan lainnya. Yang pasti kegiatan positif untuk menambah rasa akrab antar mahasiswa.

Diakhir sesi acara seluruh peserta mengumpulkan kado dari masing-masing individu, kado yang telah terkumpul kemudian masing-masing peserta mengambil 1 kado dengan cara sistem acak, agar bisa bertukar kado antar peserta. Dan acara penutup adalah dengan pembagian hadiah bagi kelompok yang telah memenangkan kegiatan Games sebelumnya.  Dengan diadakannya kegiatan semacam ini diharapkan tidak ada rasa canggung atau tidak saling mengenal antar mahasiswa, karena hal tersebut merupakan suatu pondasi dalam membangun sebuah hubungan kekerabatan yang kuat didalam keluarga besar Prodi Pendidikan Biologi. Dan kegiatan ini bisa terus diadakan pada setiap tahunnya, pada setiap penambahan anggota keluarga baru.