MAHASISWA S2 PENDIDIKAN BIOLOGI MELAKUKAN STUDI LABORATORIUM KE UNIVERSITAS MALAYA DAN UNIVERSITI PENDIDIKAN SULTAN IDRIS MALAYSIA UNTUK MENJALIN KERJASAMA.

Universitas Negeri Yogyakarta Program Pascasarjana khusunya pendidikan Biologi melaksanakan studi laboratorium yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Sultan Idris dan Universitas Malaya, Malaysia. Sebagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan dalam lingkungan perguruan tinggi, kegiatan kunjungan atau studi laboratorium biasa dilakukan oleh perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri untuk menjalin kerjasama. khususnya pada program pascasarjana pada setiap universitas yang dikunjungi.

Kegiatan studi laboratorium Universitas Negeri Yogyakarta Program Pascasarjana Pendidikan Biologi dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 Agustus 2017 diikuti oleh 33 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing lapangan. Sambutan diterima baik oleh kedatangan mahasiswa pascasarjana di jabatan (fakulti sains dan matematik) FSM oleh Dr. Fatimah Mohamed selaku ketua jabatan Biologi dan dilanjutkan dengan sesi perkenalan dosen-dosen UPSI dan penyerahan kenang-kenangan dari UNY ke UPSI oleh Dr drh Heru Nurcahyo kepada Dr fatimah Mohamed dan sebaliknya.

Selanjutnya rombongan Pascasarjana UNY melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium salah satu diantaranya adalah laboratorium fisika, kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium fisika adalah mengenai teaching and learning method yang dipandu oleh Prof Rosly bin Jaafar. Mahasiswa pascasarjana melakukan diskusi dan praktik mengenai penelitian yang dilakukan oleh Prof Rosly bin Jaafar. setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan dibeeberapa labororatorium UPSI yaitu laboratorium zoologi, laboratorium botani, lab herbarium dll.

Kegiatan di UPSI diakhiri dengan diskusi grup dengan metode Problem Based Learning yang dipimpin oleh Assoc. Prof Dr Norjan binti Yusof.

Begitu juga halnya di Universiti of Malaya, sambutan diterima baik oleh dekan Fakulti Pendidikan UM, dilanjutkan dengan pemaparan program-program jabatan Fakulti pendidikan serta perkenalan dosen-dosen UM yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai kurikulum yang diterapkan, kegiatan kerjasama luar negeri, paparan program Doctroal dan beberapa kajian penelitian pendidikan yang diharapakan UM dan UNY dapat berkolaborasi dalam research of education.

Hal terakhir yang disampaikan adalah tujuan dari kunjungan UNY kepada UM agar dapat ditindak lanjuti dan dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari UNY kepada UM begitupula sebaliknya.

Kerjasama yang dapat dijalin oleh kedua belah pihak adalah sebagai berikut Akademik non-gelar (kegiatan transfer kredit,PPL internasional,praktek mengajar,guest lecture, guest staff), Kegiatan akademik bergelar (joint degree, Kegiatan penelitian), Kegiatan sosial budaya (kegiatan studi banding, kunjungan budaya, kunjungan sosial), Kegiatan seminar/workshop kolaboratif