Jurusan Pendidikan Biologi Gelar International Seminar on Biology and Biological Education 2018

Jurusan Pendidikan Biologi berhasil menyelenggarakan seminar internasional International Seminar on Biology and Biological Education (ISBBE) 2018. Seminar internasional dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2018 di Prime Plaza Hotel Yogyakarta. Seminar dengan tema “Research and Education Innovation on Bioscience for 21st Century Challenges “ diikuti oleh sebanyak 140 presenter yang berasal baik dari dalam maupun luar negeri seperti Malaysia dan Vietnam.

Seminar dihadiri oleh pembicara yang ahli di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi yaitu Prof. Dr. Mamoru Yamada dari Yamaguchi University, Prof. David F. Treagust dari Curtin University, Dr. Mahani Mokhtar dari University of Technology Malaysia, dan Dr. Kriengkrai Satapornvanit dari Kasetsart University. Seminar juga dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Margana, M.Hum.,M.A. dan dihadiri pula oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr.Hartono. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan opening speech dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada sesi seminar utama, Prof. Dr. Mamoru Yamada menyampaikan materi tentang “Potential of Thermotolerant Microbes and Their Application”, kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Prof. David F. Treagust tentang “Multiple Representations and Student’s Reasoning Skills in Biology Education”. Dr. Mahani Mookhtar dari Department of Educational Foundation, Faculty of Education, University of Technology Malaysia, menyampaikan materi tentang “Concept of IR 4.0 in Teacher Education”, kemudian dilanjutkan dengan materi oleh Dr. Kriengkrai Satapornvanit dari Department of Fishery Biology, Faculty of Fisheries, Kasetsart University, yang menyampaikan materi tentang “3R-AQUAVOLUTION and Ethical Aquaculture".

Seminar internasional ini diharapkan mampu mendorong para peneliti dan praktisi pendidikan khususnya di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk melakukan inovasi-inovasi dalam bidang biologi dan pendidikan biologi serta diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada perkembangan biologi dan pendidikan biologi.